Friday, November 7, 2008

Tahukah Anda Kabupaten Tertinggi Size Ekonominya di Babel?

Saya mulai posting ini dengan judul suatu pertanyaan yaitu "Tahukah Anda Kabupaten mana yang paling tinggi size (ukuran) ekonominya di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung"?. Jawabannya adalah Kabupaten Bangka Barat. Buat saya pribadi, ini merupakan temuan yang mengejutkan mengingat Bangka Barat adalah "adik kandung" dari Kabupaten Bangka yang merupakan induk dari kabupaten ini sebelumnya. Dengan menggunakan data terbitan BPS tentang Produk Domestik Regional Bruto se Bangka Belitung, dapat diketahui bahwa dari total aktivitas perekonomian di Provinsi Bangka Belitung, Kabupaten Bangka Barat memiliki proporsi terbesar yaitu sebesar 24,76%. Angka ini tertinggi diikuti oleh Kabupaten Bangka dengan proporsi sebesar 17% dari total aktivitas perekonomian di Provinsi Bangka Belitung (lihat gambar berikut ini)
Diikuti kemudian dengan Kabupaten Bangka Tengah dan Kota Pangkalpinang. Temuan masih rendahnya kontribusi Kota Pangkalpinang dalam aktivitas perekonomian Provinsi Bangka Belitung ini memberikan pekerjaan rumah yang sangat besar mengingat Pangkalpinang adalah ibukota Provinsi ini yang seharusnya memainkan peranan yang sangat besar dalam menggerakkan perekonomian provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Tingginya peranan perekonomian Kabupaten Bangka Barat dalam aktivitas perekonomian di Provinsi Bangka Belitung tidak terlepas dari keberadaan Peltim (Peleburan Timah Muntok) yang memberikan kontribusi yang sangat besar dalam pembentukan aktivitas perekonomian Kabupaten Bangka Barat. Selain itu, aktivitas pertambangan timah juga memainkan peranan yang penting dalam perekonomian daerah ini. Tentu fakta bahwa timah masih dominan dalam aktivitas perekonomian daerah ini memberikan kekhawatiran masa depan pula mengingat timah merupakan komoditas yang saat ini sedang labil tingkat harga dunianya serta merupakan komoditas yang tidak terbaharukan (non renewable resources). Sudah saatnya, pemerintah Kabupaten Bangka Barat untuk meningkatkan energi kreatifnya dalam mempersiapkan perekonomian daerah pasca timah (post mining economy)

1 comment:

Anonymous said...

saya tidak gosip...silahkan pembaca lihat dan cek sendiri,perhatikan Bp Bupati YUSRONI YAZID tiap minggu keluar daerah alias selalu ke Jakarta untuk 2-3 hari.sabtu dan minggu ini ada kemungkinan beliau kejakarta lagi atau hari senen-selasa.karena dia selalu bertemu perempuan itu menginap di hotel borobudur (karena beliau ada saham disana)atau Park Lane Hotel Jakarta. saya kenal baik dengan mantan perempuan yang pernah dekat dengan beliau,namanya grace dan sekarang sudah tidak berhubungan lagi.saya tulis disini bukan gosip tapi demi untuk pemerintahan yang bersih dan berwibawa. jangan sampai rakyat dibodohi oleh pimpinan yang munafik.KASIHAN IBU LILIS FARIDA.saya akan terus menulis disini sampai Bp.bupati bangka induk yang terhormat H.Yusroni Yazid,SE bertobat.hari minggu besok beliau akan ke jakarta bertemu perempuan itu.ternyata hubungan mereka sudah berlangsung selama sebulan lebih sejak mereka berdua berlibur ke pulau bali awal bulan mei kemarin. selanjutnya dengan nekadnya Bp bupati mengundang wanita itu ke sungai liat bangka dan menginap di hotel di pantai.kemudian mereka bertemu kembali dibandung yang akhinya saya lihat dengan jelas pasangan selingkuh ini.akhi bulan mei mereka bertemu kembali di hotel borobudur,terakhir bertemu kembali hari minggu s/d selasa kemarin juga dihotel borobudur.hari ini tanggal 13 juni 2009. Bp bupati Yusroni Yazid menginap di hotel Park Lane Jakarta. teman saya melihat beliau sedang makan malam jam 8 dengan wanita cantik yang sering menginap dengan beliau,dan seorang pria pengusaha keturunan cina.tapi perempuan itu tidak ikut menginap seperti biasanya,melainkan pulang dengan mobil volvo yang sudah menunggu di lobi hotel.Pak yusroni mengantarkan sampai kemobil itu.menurut info dari teman saya di bagian receptionis,Bp Yusroni menginap 2 malam saja,rencana senen akan berangkat ke batam,dan kemungkinan dengan wanita selingkuhannya itu.demikian laporan pandangan mata langsung dari Hotel Park Lane Jl.Casablanka Jakarta.silahkan pembaca mencek sendiri ke Hotel tersebut.saya akan terus memberi informasi selanjutnya.rusman (yusman@yahoo.com) 14/Jun/2009 20:35:07
Saat ini Bp Bupati Yusroni sudah tiba di hotel Park Lane jl.Casablanka jakarta bersama wanita cantik selingkuhanya untuk makan malam.rencana kalau tidak ada halangan Bp bupati akan cek out besok pagi untuk berangkat ke batam,dan ada kemungkinan perempuan itu ikut dengan beliau.nantikan kabar selanjutnya dari saya,harap pembaca yang mengenal dekat dengan beliau melakukan cek kebenaran berita ini.

Siapa saya?

My photo
Saya lahir di sebuah kota kecil, Sungailiat, ibukota Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Saya menjalani pendidikan TK, SD, MI, dan SMP di Sungailiat dan melanjutkan pendidikan "gratis" di SMA Taruna Nusantara Magelang Provinsi Jawa Tengah. Selepas SMA, saya melanjutkan pendidikan S1 saya di Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Lulus pada tahun 2001, saya kemudian menjadi Peneliti di Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia hingga sekarang. Tahun 2005, saya menyelesaikan pendidikan S2 Ilmu Ekonomi di Universitas Indonesia (UI) dan saat ini sedang menyelesaikan program doktor (S3) di program studi yang sama. Penulisan blog ini tidak terlepas dari bagian tanggung jawab sosial saya kepada daerah kelahiran saya yang tercinta, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebagai provinsi baru, saya sangat berharap, pada masa depan, daerah ini akan menjadi tanah harapan pengembangan Indonesia yang lebih baik.